Selasa, 08 Januari 2019



  AKSI GENBI GALANG DANA UNTUK KORBAN TSUNAMI ANYER


        Ponorogo- Mahasiswa IAIN Ponorogo dan UNIDA Gontor peraih beasiswa Bank  Indonesia, pada hari minggu tanggal 30/12/18 kompak melaksanakan kegiatan penggalang dana bagi korban bencana tsunami di Anyer Banten Lampung, galang dana tersebut dilaksanakan hanya satu hari di sejumlah titik jalan di daerah Ponorogo, yaitu jalan sekitar Pasar Pon, Jeruksing, Ngepos, Pasar Legi, dan Pabrik Es. Kegiatan tersebut diagendakan akan dimulai pada pukul 9 pagi sampai jam 12 siang, namun dikarenakan hujan turun dengan cukup lebat membuat acara tersebut harus disudahi pada jam setengah 12 siang.

Dana yang sudah terkumpul nantinya akan ditransfer kepada perwakilan GenBI (Generasi Baru Indonesia) Banten atau Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia yang berada di Banten untuk kemudian mereka salurkan kepada pihak yang berwenang dalam penanganan bencana tersebut.

Sebelumnya, di Indonesia pada tahun 2018 ini telah terhitung sejumlah bencana alam dengan dampak besar yang melanda beberapa wilayah.
Di awal tahun 2018 telah terjadi gempa di Lebak Banten dengan kekuatan 6,1 SR. Longsor di Brebes pada bulan Februari. Pada bulan April telah terjadi erupsi gunung Sinabung yang telah meluncurkan awan panas sejauh 3.500 meter kearah tenggara dan selatan menurut Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) dan Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung. Gempa di Lombok yang berkekuatan 7,0 SR pada bulan Agustus. Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala pada bulan September, gempa berkekuatan 6 SR dan Trsunami mencapai 6 meter. Banjir dan longsor di Sumatera bulan Oktober. Dan di penghujung tahun 2018 yang telah banyak menyita perhatian masyarakat yaitu terjadinya Tsunami yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik anak gunung Krakatau yang memporak-porandakan wilayah Serang, di wilayah Banten, pelabuan, dan Kota Agung Lampung.

Mendengar adanya bencana yang banyak menimpa sejumlah daerah di Indonesia, tergeraklah hati salah seorang anggota Genbi dari Ponorogo itu dan langsung membentuk tim untuk turut serta dalam membantu korban bencana tersebut dengan menggalang dana. Semangat mereka membara saat menjalankan aksi tersebut, teringat akan betapa dahsyatnya bencana alam yang banyak terjadi di tahun 2018. Walaupun tidak banyak tetapi mereka ingin membantu meringankan beban masyarakat yang terkena bencana.





Agus Tarmo Kusuma dan Hesti Wulandari selaku GenBI IAIN Ponorogo berharap agar dengan adanya bantuan-bantuan yang sudah tersalurkan dapat membantu meringankan beban dan bermanfaat bagi korban-korban yang selamat, dan penggalangan dana tersebut dapat menjadi awal dari kemunculan GenBI di Ponorogo tersendiri, juga dari kegiatan itu bisa lebih bisa mengompakkan dan mengakrabkan sesama mahasiswa yang berada di Ponorogo maupun dikota lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar